Jumat, 19 Desember 2008

Kentut.. oh Kentut..

Ps: Iseng-iseng buka folder-folder lama, ketemulah satu artikel ini. Ini benernya udah pernah diposting blog banyak orang.Saking banyaknya, aku jadi ga tau yang mempublish pertama kali tulisan ini. Hehe.. Siapapun dikau.. darimana asalmu.. ijinkanlah aku memposting tulisan ini lagi.. hehe..


Pernah kentut?
Pernah ngerasain kentut?
Atau pernah mempelajari tentang kentut?? hahaha.. menjijikkan bukan? wakaka..

Kentut sering dijauhi..
Kentut sering dihina..
Kentut sering dianggap anak haram karena kadang nggak diketahui siapa yang melahirkannya ke dunia ini..

Kasian bukan?
Mari kita liat masa lalu kentut..
kasian mereka..

1. Dari mana asal kentut?
Kentut ini berasal dari gas dalam usus. Gas ini darimana?? Ini dari udara yang kita telan. Proses nafas dan makan kali ya. Selain udara yang kita telan ada juga gas dari reaksi kimia, dan gas dari bakteri dalam perut. Jadi banyak 'udara' nih. hehe..

2. Jadi komposisinya kentut apa aja?
Macem-macem. Tergantung banyaknya udara yang kamu telan! Soalnya, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut, maka oksigen akan terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai ke usus. Nah, adanya bakteri dan reaksi kimia ini akan menghasilkan karbondioksida, metana dan hidrogen. Semuanya ini juga tergantung dengan makanan yang kamu makan, banyaknya udara yang kamu telan, dan jenis bakteri yang ada dalam perut kamu! Plus.. berapa lama kamu nahan kentut. Hehehe.. soalnya, makin lama kamu nahan kentut = makin banyak nitrogen dan gas-gas 'aneh' lain yang terabsorbsi melalui dinding usus.
**Makanya, jangan suka nahan kentut, hehe..

3. Kenapa kentut berbau busuk? *pake nanya lagi?*
Bau ini merupakan campuran dari hidrogen sulfidan dan merkaptan. Dua-duanya punya sulfur (belerang). Makanya, kalau kamu makan banyak-banyak makanan yang mengandung belerang, jadi kentut kamu lebih busuk! Soalnya kan makin banyak gas sulfida dan merkaptan yang diproduksi dalam bakteri. Contohnya apa aja? Misalnya.. telur ama daging!


4. Kalau kacang?
Kacang-kacangan buat jerawat. *plakk* Eh iya, ini ngomong kentut ya.. Kacang itu membuat volume kentut jadi lebih banyak. Bukan dalam hal kebusukannya..Soalnya kacang mengandung zat gula yang tidak bisa dicerna tubuh. Gula tersebut (raffinose, stachiose, erbascose) kalo mencapai usus, maka bakteri langsung akan berpesta membuat banyak gas. Selain kacang, makanan yang lain itu misalnya jagung, kubis, paprika, kol, dan susu itu menyebabkan banyak gas (bukan baunya!)



5. Terus kalo kentut itu gas, kenapa kentut itu bisa bunyi?
Semuanya ini tergantung pada kecepatan gas, dan volume gas tersebut..
**Ditambah diameter lubang anus anda.. Jadi kalo udah pada longgar tuh lubang anus, bayangin ndiri deh bunyinya kayak apa..

6. Kentut busuk itu hangat dan tidak bersuara?
Fermentasi dari bakteri-bakteri tadi, selain buat bau juga buat panas. Ini sih benernya untuk membantu 'pembusukan' itu. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat & jenuh dengan produk metabolisme bakteri yg berbau busuk. Meski volumenya kecil tapi baunya minta mampus. jadilah kentut yang SBD = Silent But Deadly (sunyi tapi mematikan)

7. Jadi, kentut itu sehat?
Iya lah!! Kentut itu sehat, kalo lo gak kentut = mati! Kentut itu berarti proses metabolisme kamu masih berjalan. Yang sehat, orang kentut sehari itu 14 kali, dengan volume kentut itu rata-rata setengah liter.
**makanya.. kalo kentut diitungin. Kalo udah 14 kali, berarti kamu sehat.. hehee..

8. Kenapa kentut keluar lewat lubang dubur?
Bayangin aja kalo kentut keluar dari lobang idung atau lobang telinga.. hehe. Ilmiahnya sih, karena adanya gerak peristaltik usus yang mendorong 'isi usus' ke bawah, termasuk kentut. Nah, semakin ditekan ke bawah, gelembung-gelembung kecil ini akan terus bergabung, dan menjadi gelembung-gelembung besar. Gelembung-gelembung besar *atau terlalu besar ini* yang ngebikin hasrat kita untuk kentut.

9. Bener gak sih, laki-laki lebih sering kentut daripada perempuan?
Gak ada hubungannya ama gender. Ini lebih ke 'kesopanan' aja. Cewek2 biasanya kan malu, makanya mereka lebih sering nahan. Kalo cowok mah emang sering maen brat bret brot aja. Ya padahal, volume kentut mereka sih sama, tergantung sama 'kemampuan nahan' aja.

10. Saat terbaik untuk kentut? *ada-ada aja nih pertanyaan*
Kebanyakan orang-orang itu kentut pada pagi hari, waktu di toilet sih. Biasanya disebut dengan "Morning Thunder". Kalo resonansinya bagus, bisa kedengeran sampe tetangga.
**cocok jadi alarm bangun tidur..



11. Selain makanan, apa penyebab dari kentut?
Udara yang tertelan, makan yang terburu-buru, makan nggak dikunyah, kebanyakan softdrink, naik pesawat udara (karena tekanan udara lebih rendah), sehingga gas di dalam usus mengalami ekspansi (dan muncul sebagai kentut).

12. Apa kentut = Sendawa?
Tentu tidak.. Kalo sendawa itu dari perut, dan komposisi nya beda dari kentut. Sendawa itu menang di volume gas, kalo kentut dari kebusukannya..
**Lu bayangin sendiri aja kalo sendawa lu bau kentut.. hehe

13. Kalo nahan kentut, kentutnya kemana dong?
Kentut gak akan hilang.. cuman menunda aja. Kalo ditahan, kentut ini akan bermigrasi ke bagian atas menuju usus. Ya.. ujung-ujungnya akan keluar juga.

14. Mungkinkah kentut terbakar?
Bisa aja sih. Kentut mengandung metana dan hidrogen yang combustible (unsur gas alam). Kalau bener-bener terbakar, nyalanya akan berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen.
**Jadi gak usah beli elpiji.. Masak pake gas alam aja.. Makanya dari sekarang nabung kentut. hehe..



15. Jadi, bisa nyalain korek api pake kentut dong??
Ngacooo!!! Konsentrasi dan isi senyawa dari kentut itu lain. Emang bisa terbakar, tapi suhunya itu tidak cukup panas untuk memulai pembakaran.

16. Kenapa kentut anjing dan kucing lebih busuk?
Secara hakekat.. emang anjing dan kucing adalah binatang karnivora. Makan daging. daging kaya protein; protein mengandung banyak sulfur; dan sulfur ini membuat bau kentut jadi lebih busuk.
**Makanya.. lebih baik pelihara GAJAH di rumah..

17. Apa warna kentut? *penting ngak sih?*
Nggak berwarna..
**Kalo berwarna pasti ketahuan kan siapa yang kentut, hehehe..

18. Betulkah bisa teler kalau mencium bau kentut?
Secara kentut mengandung sedikit oksigen, makanya bisa pusing kalo mencium kentut terlalu banyak..
**makanya yang punya hobi nyium kentut, dikurangi aja..

19. Kentut itu asam, basa, atau netral?
Asam.. soalnya mengandung Karbondioksida (CO2) dan Hidrogen Sulfida (H2S).

20. Kalo kentut di Venus, bisa?
Di Venus mah udah banyak belerang di lapisan udaranya.. Jadi kalo mau kentut gak ketahuan, udah di Venus aja.. Soalnya kentut di Venus-pun nggak ada pengaruhnya..


Tapi lucu ya..
Ketika kita nangis, nggak ada seorangpun yang menyadari air mata kita..
Ketika kita ketawa, mungkin nggak ada seorangpun yang peduli..
Ketika kita sedih, nggak ada yang yang bisa melihat kepedihan di hati kamu..

Tapi, ketika kita kentut.. semua mata akan melirik dan kepala akan menoleh ke arah anda..

Mengharukan nggak sih?

5 komentar:

Anonim mengatakan...

So funny, terutama poin ke 18!!

Anonim mengatakan...

kentutq aroma lavender tuw cung..
g tny ma aq pake resep ap?
=P
_Nico-pucino_

Anonim mengatakan...

bagus,lucu...kentut bisa buat orang stress terutama yang ngisep & timbul huru-hara ha..ha..ha...

Anonim mengatakan...

waw, dunia kentut ..

mantap neh

baunya...qqqq

Anonim mengatakan...

wow..
kasian deh..
anak haram..
dilahirkan oleh semua jenis kelamin..

Posting Komentar

Silahkan dicerca..